Berita Gadget Android + Harga Gadget Android + Spesifikasi Gadget Android + Review Gadget Android

Sunday, 15 March 2015

Menkominfo Dorong Aplikasi Indonesia Messenger (IMES) Raih 30 Juta Pelanggan

Menkominfo Dorong Aplikasi Indonesia Messenger (IMES) Raih 30 Juta Pelanggan - Kali ini Arena Gadget akan mengulas artikel gadget terbaru berjudul Menkominfo Dorong Aplikasi Indonesia Messenger (IMES) Raih 30 Juta Pelanggan yang dikutip dari Gadget Droid. Jika anda ingin mengetahui lebih detail mengenai artikel Menkominfo Dorong Aplikasi Indonesia Messenger (IMES) Raih 30 Juta Pelanggan, anda bisa menyimak artikel kami tentang Menkominfo Dorong Aplikasi Indonesia Messenger (IMES) Raih 30 Juta Pelanggan dibawah ini.

Menkominfo Dorong Aplikasi Indonesia Messenger (IMES) Raih 30 Juta Pelanggan

Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara sangat mengapresiasi para pengembang lokal yang mampu menghasilkan karya-karya berkualitas. Oleh karenanya ia menyambut baik peluncuran Indonesia Messenger (IMES), yang merupakan media sosial karya anak bangsa. Ia mendorong agar IMES bisa bersaing dengan media sosial lain karya dari luar negeri, seperti BlackBerrry Messenger, Line, We Chat, dan Whatsapp.

Menkominfo Rudiantara menyebutkan bahwa IMES memiliki potensi yang besar untuk berkembang ke arah yang lebih baik lagi. "Yang penting IMES jalan dulu. Kekuatan utama dari messenger adalah pengguna. Kalau bisa mendapatkan 25-30 juta setidaknya di akhir tahun maka punya nilai tawar yang tinggi," kata Rudiantara di acara peluncuran IMES di Jakarta, Sabtu (28/2).

"Karena saya dengar, IMES bisa tranfer file hingga 250 MB, itu luar biasa besarnya. Kemudian grupnya bisa 2.000, sehingga kalau 1 sekolah bisa dibuat satu grup," kata Rudiantara.

Rudiantara mengatakan jika IMES mampu meraih 20-30 juta pengguna maka sisi bisnis akan terus berlangsung dengan pertumbuhan positif. Alasannya, operator akan mulai mempertimbangkan IMES sebagai prioritasnya. Selain itu, akan banyak pemasukan dari iklan yang mengalir ke pihak IMES.

Selain itu, yang menentukan keberhasilan IMES dalam meraih pengguna, juga tergantung bagaimana IMES mengelola ekosistemnya. "Ekosistem pertama, adalah operator selular dan tidak beda dengan OTT (Over The Top), hanya OTT-nya Indonesia. OTT sama operator ini saling membutuhkan, karena tanpa OTT, datanya tidak akan bisa banyak," kata Rudiantara.

Menurutnya, ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh para pengembang agar karyanya dapat berhasil bersaing di pasar khususnya aplikasi messenger. Menurut pria yang biasa disapa Chief RA ini kunci keberhasilan sebuah layanan messenger adalah kelompok sosial yang besar. Oleh karena itu penyedia layanan messenger harus mampu menarik sebanyak mungkin komunitas. "Kelompok sosial harus diperbanyak kalau mau berhasil", jelasnya.

"Aplikasi perpesanan ini juga harus mampu mengembangkan industri kreatif. Saya bangga jika nanti ada aplikasi perpesanan lokal yang lainnya. Jangan merasa bersaing sesama Indonesia tetapi justru seharusnya saling memperkuat satu sama lain," kata dia.

Rudiantara juga menyampaikan para penyedia layanan aplikasi sosial harus bisa bekerjasama dengan produsen ponsel sehingga layanannya dapat tersedia secara preloaded di ponsel tersebut. "Produsen ponsel khususnya yang lokal harusnya bisa memberikan support kepada pengembang lokal agar aplikasinya bisa ada di ponselnya", tambahnya.

Dukungan serupa juga disampaikan oleh Ketua DPR RI, Setya Novanto, ia menyebutkan bahwa sebagai aplikasi messenger karya anak bangsa, tentu harus dilindungi dan didukung, karena ini akan mejadi sebuah kekuatan bagi Negara. "Untuk itu saya saya melihat bahwa ini merupakan hal yang bagus dan bisa memberikan kontribusi yang besar, saya yakin anggota DPR lainnya juga akan mendukung hal ini," ujarnya.

Managing Director PT Gobsindo Utama, Sonny J Tendean, merasa percaya diri untuk mendapatkan pengguna dari Indonesia dengan jumlah besar. "Kami cukup optimistis produk kami ini dapat berbicara di kancah persaingan media sosial di Indonesia. Karena selain mengusung konsep nasionalisme, IMES juga memiliki banyak keunggulan yang konsumen tidak dapatkan dari platform sejenis," kata dia.

Sekian berita gadget terbaru dari Arena Gadget mengenai Menkominfo Dorong Aplikasi Indonesia Messenger (IMES) Raih 30 Juta Pelanggan. Harapan kami artikel seputar gadget yang berjudul Menkominfo Dorong Aplikasi Indonesia Messenger (IMES) Raih 30 Juta Pelanggan ini bisa bermanfaat untuk anda. Silahkan lihat juga berita gadget terbaru lainnya mengenai Sony Akui Masih Lakukan Pengujian OS Android Lollipop

Tags :

Related : Menkominfo Dorong Aplikasi Indonesia Messenger (IMES) Raih 30 Juta Pelanggan