Berita Gadget Android + Harga Gadget Android + Spesifikasi Gadget Android + Review Gadget Android

Friday, 13 March 2015

AS Protes, Kebijakan TKDN Smartphone dan Tablet JalanTerus

AS Protes, Kebijakan TKDN Smartphone dan Tablet JalanTerus - Kali ini Arena Gadget akan mengulas artikel gadget terbaru berjudul AS Protes, Kebijakan TKDN Smartphone dan Tablet JalanTerus yang dikutip dari Gadget Droid. Jika anda ingin mengetahui lebih detail mengenai artikel AS Protes, Kebijakan TKDN Smartphone dan Tablet JalanTerus, anda bisa menyimak artikel kami tentang AS Protes, Kebijakan TKDN Smartphone dan Tablet JalanTerus dibawah ini.

AS Protes, Kebijakan TKDN Smartphone dan Tablet JalanTerus

Pemerintah akan tetap membuat aturan yang mewajibkan ponsel pintar berteknologi 4G LTE di Indonesia memenuhi syarat Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebesar 40 persen dari seluruh komponen yang ada di produk itu, meskipun diprotes oleh Amerika Serikat.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menegaskan, pemerintah akan tetap memunculkan kebijakan tersebut meski menimbulkan protes dari pihak asing.

"Silakan saja protes. Kita enggak apa-apa. Kalau kita tidak melakukan apa-apa, itu namanya kita melakukan pembiaran. Terjadi defisit neraca perdagangan sedikitnya US$3 miliar per tahun. Apa kita mau membiarkan", tegas Rudiantara seusai meluncurkan aplikasi Mobile Fish (mFish) di Kampung Nelayan Pondok Terasi Ampenan, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (26/2)seperti dikutip dari situs resmi Kominfo.

Menkominfo menjanjikan Peraturan Menteri terkait TKDN tersebut akan dikeluarkan pada pertengahan tahun 2015 ini. "Sebelum dikeluarkan, akan digelar konsultasi publik terlebih dahulu. Semua yang merasa berkepentingan bisa mengajukan saran dan tanggapan terkait kebijakan ini, sebelum peraturannya dikeluarkan," ujar Rudiantara.

Dijelaskannya, besaran 40 persen TKDN belum tentu angka yang pasti, karena pemerintah pun ingin melihat kemampuan produsen dalam negeri.

Sebelumnya Amerika Serikat meminta Indonesia untuk melonggarkan aturan penggunaan komponen lokal yang dipercaya akan menghambat perusahaan teknologi seperti Apple dalam memasarkan produknya ke salah satu pasar terbesar di dunia di mana permintaan untuk smartphone high-end masih belum tergarap sepenuhnya.

Kritik mengenai aturan "buatan Indonesia", termasuk dari kelompok usaha berpengaruh AS, mengatakan, hal itu dapat meningkatkan biaya dan membatasi akses ke teknologi.

The American Chamber of Commerce (AmCham) menyuarakan keprihatinannya tentang aturan tersebut dengan mengirim surat kepada Menkominfo Rudiantara.

"Kami khawatir bahwa pendekatan yang diambil dalam rancangan peraturan ini secara tidak langsung bisa membatasi akses ke teknologi baru, meningkatkan biaya ICT bagi perusahaan Indonesia, merangsang pasar gelap, dan membawa konsekuensi yang tidak diinginkan lainnya

Sekian berita gadget terbaru dari Arena Gadget mengenai AS Protes, Kebijakan TKDN Smartphone dan Tablet JalanTerus. Harapan kami artikel seputar gadget yang berjudul AS Protes, Kebijakan TKDN Smartphone dan Tablet JalanTerus ini bisa bermanfaat untuk anda. Silahkan lihat juga berita gadget terbaru lainnya mengenai Sony Banting Harga 3 Smartphone Terbarunya

Tags :

Related : AS Protes, Kebijakan TKDN Smartphone dan Tablet JalanTerus